Perkembangan SI/TI dan Perangkat Lunak dan Keras
BAB 1 SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM
INFORMASI / TEKNOLOGI INFORMASI
A.
Sejarah
Sistem Informasi / Teknologi Informasi
1. Sistem
Informasi adalah kombinasi dari teknologi
informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung
operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi
yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik,
data, dan teknologi.
2. Teknologi
Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan
untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan,
memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang
berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang
digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan
informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
B.
Perkembangan
Komputer
1. Komputer Generasi Pertama (1945-1955)
Awal
Mula diciptakan komputer adalah pada saat terjadinya Perang Dunia II, negara –
negara yangf terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer
untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini
meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan
teknologi komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun
sebuah komputer Z3 , untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. pihak
sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan komputer. Tahun 1943,
pihak inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan
Colossus untukmemecahkan kode rahasia yang digunakan jerman. Perkembangan
Komputer Generasi I diawali dengan terciptanya komputer yang disebut Electronic
Numerical Integrator and Computer (ENIAC). Komputer ini dibuat oleh pemerintah
Amerika Serikat yang bekerja sama dengan university of Pennysylvania pada tahun
1946. ENIAC terdiri atas 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik
solder.
Ciri-ciri komputer generasi pertama :
1. Sirkuitnya menggunakan komponen Vacum
Tube (Tabung Hampa Udara)
2. Setiap komputer mimiliki program kode
biner yang berbeda (bahasa mesin/bahasa mesin). hal ini mengkibatkan komputer
menjadi sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
3. Ukuran fisik komputer sangat besar
sehingga memerluakan tempat yang luas dalam penempatanya.
4. Perangkatnya masih banyak meninbulkan
panas sehinga diperlukan banyak pendingin untuk menetralkan panas yang
dihasilkannya
5. Waktu yang diperlukan untuk melakukan
satu perintah masih sangat lambat.
6. Kapasitas penyimpanan kecil.
7. Memerlukan daya listrik yang besar.
8. Menggunakan silinder magnetik untuk
penyimpanan data.
9. Intruksi operasi dibuat secara spesifik
untuk suatu tugas khusus.
2. Komputer Generasi Kedua (1955-1965)
Tahun
1948,ada 3 orang fisikawan Amerika (Walter Houser Brattain, Jhone Barden,
William Brandford penemu transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan
komputer masa itu. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan
komputer. sehingga mengakibatkan, berubahnya ukuran mesin-mesin elektrik yang
tadinya berukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil. generasi kedua, yaitu
komputer yang menggunakan Transistor sebagai Processornya (1956 – 1958 M).
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.
Ciri-ciri komputer generasi kedua:
1. Komputer tidak banyak menimbulkan panas
pada saat dipoerasikan.
2. Menggunakan teknologi sirkuit berupa
transistor dan diode sebagai pengganti Tabung Vakum.
3. Sudah dapat menggunakan bahasa
pemrograman fortran, Cobol, dan algol yang merupakan bahasa pemrograman tingkat
tinggi.
4. Kapasitas memori sudah lumayan besar
dengan didukung oleh pengembangan magnetic core storage.
5. Sudah dapat menyimpan secara external
dengan magnetic tape dan magnetic disk.
6. Telah memiliki kemampuan untuk
memproses secara real time dan real sharing.
7. Tujuan penggunaan komputer tidak hanya
untuk pendukung industri bisnis. tetapi juga untuk aplikasi teknik.
8.
Sudah
menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat tinggi seperi COBOL dan FORTRAN.
3. Komputer Generasi Ketiga (1965-1980)
Komputer
generasi ketiga ini memiliki perkembangan yang paling pesat dari sejarah
perkembangan komputer yang pernah ada. Sebab pada komputer generasi ketiga ini
muncul antara tahun 1964 sampai dengan 1970 seiring dengan ditemukanya
Inntergrated Circuit (IC) pada tahun 1959 oleh Jack Kilby. Jack Kilby
mengembangkan IC sehingga dapat mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam
sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga:
1. Penggunaan listrik lebih hemat.
2. Peningkatan dari sisi software.
3. Harganya semakin murah.
4. Kapasitas memori lebih besar, dan dapat
menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
5. Karena telah menggunakan IC maka
kinerja komputer menjadi lebih tepat dan cepat.
6. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih
cepat dari komputer generasi pertama.
7. Kemampuan melakukan multiprocessing dan
multitasking.
8. Telah menggunakan terminal visual
display dan dapat mengeluarkan suara.
9.
Menggunakan
media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan
datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
10.
Kemampuan
melakukan komunikasi dengan komputer lain.
4. Komputer Generasi Keempat (1980-2000an)
Pada
generasi keempat ini, sistem operasi tidak lagi hanya diperutukan untuk satu
mode pengolahan, tetapi telah ditujukan untuk banyak mode pengolahan, misalnya
mendukung batch processing, timesharing, networking dan (soft) realtime
applications sekaligus. Hanya hard real-time applications sulit disatukan
dengan mode-mode pengolahan yang lainnya karena beresiko tinggi.Pada generasi ini, kenyamanan mengoperasikan
sistem komputer juga dinilai penting. Komputer yang makin ampuh telah sanggup
memberi antar muka grafis yang nyaman. Komputer desktop dinyamankan dengan GUI
(Graphical User Interface). Generasi keempat ini ditandai berkembang dan
meningkatnya kemampuan komputer desktop (komputer pribadi) dan teknologi
jaringan.Jaringan TCP atau IP telah mulai digunakan secara luas oleh kalangan
militer, peneliti, peguruan tinggi dan masyarakat secara umum.
- Menggunakan LSI (Large Scale Integration).
- Dikembangkan komputer mikro yang sudah menggunakan semiconductor dan micro processor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
- Komputer generasi keempat diantaranya adalah : AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM 370, Apple II, IBM PC/XT, IBM PC/IBM PC/486.) IBM Pentium II
5. Komputer Generasi Kelima (2000an-Sekarang)
Komputer generasi
kelima pada saat sekarang ini tengah banyak sekali dilakukan pengembangan oleh
berbagai vendor elektronik. Komputer generasi kelima sering disebut dengan
komputer generasi masa depan. Pada perkembangan selanjutnya akan ada bayak
perubahan besar terjadi, bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan
satu-satunya manufaktur PC-compatible. Maka standar baru dalam dunia industri
PC, akan lebih banyak di terapkan dan lebih dikembangkan oleh perusahaan lain.
Seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W.Bill Gates yang saat ini
telah menjadi pionir standar hardware dan software dunia. Beberapa bukti
diantaranya adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook,
dan banyak lagi, penemuan-penemuan terbaru pada saat ini yang bisa kita temui.
. Generasi ini ditandai munculnya. LSI (Large Scale Integration) yang merupakan
pemadatan ribuan microprocessor di dalam sebuah microprocesor pada saat ini.
Ciri-ciri
komputer generasi kelima :
- Masih menggunakan teknologi LSI, yang tentu saja memiliki banyak pengembangan
- Fitur-fitur yang semakin banyak
- Pemrosesan informasi yang jauh lebih cepat
C.
Perangkat
Komputer
Perangkat
Lunak (Software)
Perangkat
lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital,
termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa
dibaca dan ditulis oleh komputer. Secara garis besar perangkat lunak komputer
juga masih dapat digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu:
1).
Sistem operasi
Program dasar pada
komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi
yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi
termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi
input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
2).
Sistem Aplikasi
Perangkat lunak
aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan
kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan
pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang
mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung
menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan
pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar
kerja, dan pemutar media.
Perangkat
Keras (Hardware)
Perangkat
keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data
yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan
perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras
dalam menyelesaikan tugasnya.
Berikut adalah
beberapa contoh perangkat keras komputer dan kegunaanya:
1).
Keyboard
Keyboard merupakan
unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer.
Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai
media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang
diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
2).
Mouse
Mouse adalah salah
unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer
atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat
dibanding dengan keyboard.
3).
Processor
Processor disebut juga
otak dari komputer semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula
komputer, maka processor disebut sebagai inti dari komputer. Fungsi processor
adalah untuk memproses semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest
pengguna.
4).
Motherboard
Motherboard adalah
papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada
PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.Motherboard yang banyak
ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat
dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
5).
RAM
RAM (Random Access
Memory) adalah memori utama komputer yang berfungsi untuk membaca dan
menuliskan data. Dengan keberadaan RAM, maka kita bisa menjalankan 2 aktifitas
sekaligus dalam sebuah komputer, yaitu menulis dan membaca data.
6).
CMOS
CMOS adalah singkatan
dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan,
ia merupakan komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya
menampung setting BIOS dan dapat tetap menyimpan setting-annya selama baterai
yang memberikan daya masih bagus.
7).
Konektor Casing
Konektor Casing
berfungsi untuk menyambungkan tombol/saklar dan indicator pada casing ke
motherboard. Pada motherboard yang berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah
port konektor tambahan sebesar 12 volt agar prosesor bisa bekerja.
8).
Monitor
Monitor komputer
adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa
sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor.
Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan.
Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.
9).
Power Supply
Sesuai dengan namanya
power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar
dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.
10).
Harddisk
Harddisk adalah sebuah
komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan
magnetis. Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson
di tahun 1956. Harddisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2
kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per
minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Harddisk saat ini sudah ada yang
hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.
11).
Kipas (Pendingin)
Kipas atau Pendinginan
komputer dan yang sering juga disebut pendinginan CPU adalah alat yang dipasang
pada bagian dalam komputer untuk mengurangi atau menghilangkan panas dari
sebuah komputer.
D.
Pemanfaatan
Sistem Informasi / Teknologi Informasi
Manfaat Sistem
Informasi dapat dikategorikan dengan manfaat berwujud (tangible benefit) dan
manfaat tak berwujud (intangible benefit).
Sebuah
sistem informasi yang dibangun dan dipelihara dengan baik akan memberikan
manfaat berwujud yang secara fakta dapat dilihat pergerakannya melalui
pendapatan yang diraih serta biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan maupun
organisasi bisnis. Indikator dari keberhasilan/manfaat yang berdampak pada
peningkatan pendapatan dengan meningkatnya penjualan dalam pasar, serta
mengalami perluasan pasar.
Sistem
informasi yang baik dapat digunakan tidak hanya untuk penyimpanan data secara
elektronik saja tetapi harus mampu mendukung proses analisis yang diperlukan
oleh manajemen, karena dengan adanya laporan yang tersaji dengan cepat dan
setiap saat dapat diakses tersebut maka keputusan-keputusan yang diambil pun
dapat lebih cepat dan tepat terhadap dinamika pasar yang ada.
Sedangkan
dari sisi pengurangan biaya dapat dilakukan analisis faktual atas pengurangan
jumlah sumber daya manusia yang dilibatkan dalam bisnis, pengurangan biaya
operasional seperti pasokan maupun overhead, pengurangan barang/material dalam
stok gudang, pengurangan biaya pemeliharaan dan penyediaan perlengkapan yang
tidak terlalu mahal. Contoh dari pengurangan jumlah sumber daya manusia adalah
dalam proses pencatatan transaksi keuangan. Jika sebelumnya proses di akunting
harus dikelola minimalnya oleh lima orang maka dengan implementasi SIA (sistem
informasi akuntansi) yang baik cukup dikerjakan oleh satu orang saja. Hal ini
disebabkan dengan SIA yang terintegrasi maka setiap proses pembukuan dapat
diproses langsung dari masing-masing bagian terkait tanpa harus melalui proses
pengisian ulang data. Selain itu secara otomatis dengan penerapan SIA maka
laporan-laporan keuangan dapat disajikan berdasarkan data-data transaksi tersebut
tanpa re-entry.
Seringkali manfaat tak berwujud
ini menjadi titik kritis pada jalannya roda bisnis sebuah perusahaan. Karena
bersifat tak berwujud, aspek-aspek ini seringkali diabaikan, contohnya:
a.
Peningkatan
kepuasan konsumen
Misalkan Anda datang
ke sebuah Minimarket. Mana yang kira-kira akan Anda pilih sebagai tempat
berbelanja, minimarket yang waktu antrian di kasirnya lebih singkat atau
sebaliknya? Tentunya Anda akan memilih yang pertama sekalipun mungkin harus
membayar sedikit lebih mahal dibandingkan dengan minimarket kedua. Ternyata
minimarket pertama sudah menerapkan sistem informasi penjualannya yang lebih
cepat dalam pemrosesan dan kemudahan pemasukan datanya.
b.
Peningkatan
kepuasan karyawan
Seringkali muncul dari
pihak karyawan yang merasa haknya tidak terpenuhi seperti misalkan insentif
lemburnya. Ternyata hal ini terjadi akibat kesalahan perhitungan pihak
manajemen yang masih melakukannya secara manual atau dengan sistem pemasukan
ulang data. Padahal jika misalkan perusahaan menyediakan sistem absensi yang
terintegrasi dalam sistem informasi kepegawaian dan SIA maka secara otomatis
dapat dibuat laporan insenstif yang lebih akurat dan benar. Hal tersebut baru
salah satu contoh di luar misalkan perhitungan angka kredit, hak cuti, jenjang
karier, pendidikan dan latihan, dsb.
c.
Peningkatan
mutu dan jumlah informasi
Informasi adalah
komponen penting di saat ini. Anda yang kuasai informasi akan bertindak lebih
responsif terhadap perubahan yang ada dan tren yang akan datang. Penerapan
sistem informasi yang baik tentunya akan menghasilkan data yang telah dikelola
sehingga berkualitas. Hal tersebut dapat diwujudkan karena setiap proses
pembuatan laporan tersebut dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer.
d.
Peningkatan
mutu dan jumlah keputusan manajemen
Setiap pengambilan
keputusan, bergantung kepada informasi yang mendukung kebijakan yang akan
diambil. Hal tersebut hanya dapat terwujud jika sistem informasi dapat
menyajikan informasi yang relevan, akurat, terkini dan dapat diambil setiap
saat dan kapanpun.
BAB 2 PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK
A.
Pemahaman
Komponen Perangkat Keras
1.
Input
Berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke
dalam komputer. Contoh perangkat input adalah keyboard, mouse, joystick,
scanner, webcam, gamepad.
2.
Proses
Berfungsi untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat
(CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.
3.
Penyimpanan
Alat yang digunakan untuk menyimpan data atau program dimana data yang
disimpan tersebut dapat dibaca kembali untuk
diproses oleh komputer. Contoh media penyimpanan adalah RAM, ROM, hard
disk, disket, CD/DVD, flash disk.
4.
Output
Berfungsi untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan. Contoh
perangkat output adalah Monitor, printer, speaker.
B. Pemahaman Komponen Perangkat Lunak
1.
Evolusi perangkat lunak
Perkembangannya perangkat dibagi menjadi
beberapa era yaitu :
a.
Era Pemula (Pioneer) Bentuk perangkat lunak pada
awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Pada
era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya.
b.
Era Stabil Pada era stabil penggunaan komputer
sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja,
tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan.
c.
Era Mikro Sejalan dengan semakin luasnya PC dan
jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi
kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak
sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di
gunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Automatisasi
yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
2.
Klasifikasi Perangkat Lunak
A.
Perangkat Lunak Sistem
- Bahasa Pemrograman
Perangkat lunak bahasa yaitu program yang di gunakan untuk menerjemahkan
instruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan
aturan atau prosedur tertentu, agar di terima oleh komputer. Ada 3 level bahasa
pemrograman, yaitu:
- Bahasa tingkat rendah (Low Level Language)
Bahasa ini di sebut juga bahsa mesin (Assembler), dimana pengkodean
bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
2. Bahasa tingkat tinggi(High Level Language)
Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrogramana yang mudah di pelajari oleh
pengguna komputer karena menggunakan bahasa inggris. Contohnya: BASIC, COBOL,
PASCAL, FORTRAN
3. Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang beroreintasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contohnya: Visual Basic, Delphi, Visual C++.
- Sistem Operasi
Sistem opersi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sisitem
kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel
pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi
berfungsi sebagai penghubung antar manusia (User) dengan perangakat keras
(Hardware) dan perangkat lunak(Software) yang digunakan. Adapun fungsi utama
sistem operasi adalah :
- Menyimapan program dan aksesnya.
- Membagi tugas didalam CPU.
- Mengalokasikan tugaas-tugas penting.
- Merekam sumber-sumbeer data.
- Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan menadapatkan data.Memeriksa kesalahan sistem.
- Multitugas pada OS, Windows98, Windows XP, Windows 7.
- Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi(password) dan penggunaan ID. Contoh sistem operasi, misalnya: Disk Operating System(DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix
· Aplikasi Office
Aplikasi
office adalah paket aplikasi yang digunakan untuk mengerjakan berbagai
pekerjaan yang berkaitan dengan administrasi diberbagai lingkungan pekerjaan.
Biasanya ketika kita menginstall aplikasi office kita aka mendapatkan tiga
macam aplikasi yaitu word, spreedsheet, dan persentation. Ada banyak aplikasi
office saat ini tapi yang cukup terkenal dan sering digunakan adalah Microsoft Office,
Libre Office, Kingsoft Office, Open Office.
· Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia adalah aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan
menggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta
video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile, video
untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based Training.
· Aplikasi Internet
Aplikasi
Internet adalah istilah untuk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi
tertentu. Karenanya, internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya
aplikasi yang sesuai.
Komentar
Posting Komentar