Kelebihan, kekurangan dan tool pada aplikasi blender



Kelebihan
  • Aplikasi ringan 
  • Tidak memakan banyak storage
  • Open Source
  • Mudah digunakan
  • Ringan saat melakukan rendering

Kekurangan
  • GUI yang sulit untuk dipahami.
  • Peletakan tools yang membingungkan
  • Tool yang dimiliki tidak lengkap seperti 3D Max
  • Tampilan cukup berantakan
  • Semua proses dilakukan dengan manual

Tool pada Blender
1. Panel utama pada Blender
Menu pada Blender beraneka ragam tergantung dari editor typenya, dalam editor type terdepat beberapa pilihan diantaranya : 3D view, Timeline, Graph editor, Dope sheet, UV/Image editor, Movie clip editor, Info, dll
  • File pada menu utama untuk melakukan new, open, save, close, setting dan yang lainnya sebagai mana pada program 3D lain
  • Add digunakan untuk menambahkan objek-objek, seperti kamera, lighting dan objek 3D
  • Timeline digunakan untuk mengatur animasi pada blender
  • Game berguna untuk memulai scripting program game
  • Render berfungsi untuk melihat hasil rendering dan settingnya.

2. View Port
Viewport merupakan lembar kerja untuk membuat suatu objek 3D. Pada viewport terdapat 3 objek, yaitu Cube, Ligthing dan Camera. Secara default, View Port memiliki axis X dan Y. dan didalam view port ini kita bisa melihat project dalam berbagai macam sudut dan dapat mengatur letak dan kamera serta sebagainya. Fitur-Fiturnya seperti:
  • Modeling, untuk membuat objek 3D
  • UV Mapping, Memindahkan objek berdasarkan vertexnya
  • Texturing, Memberikan texture pada objek
  • Rigging, untuk membuatan tulang/bone pada objek
  • Skinning, pemberian skin pada objek/model
  • Annimation, pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan mengunakan timeline
  • Particle, pembuatan particle pada objek/model

3. Tool Button
  • Translate Manipulator Mode, Mempunyai simbol segitiga merah, Pengunaanya bisa dengan menekan Ctrl Alt G, Kegunaannya adalah untuk mengambil objek.
  • Rotate Manipulator Mode, Mempunyai simbol lingkaran hijau, Pengunaan bisa dengan menekan Ctrl Alt R, Kegunaannya untuk merotasi objek.
  • Scale Manipulator Mode, Mempunyai simbol persegi biru, Pengunaan bisa dengan menekan Ctrl Alt S, Kegunaannya untuk memperbesar atau memperkecil objek
  • Transform Orientation, digunakan untuk merubah orientasi saat mentransformasi
  • Rotating / Scalling Pivot, Mempunyai simbol titik hitam beserta tanda panah, Pivot adalah titik pusat dari suatu objek, secara default pada blender kita menggunakan Median Point


Sumber :
tekoajaib
busy

Komentar

Postingan Populer