Kelebihan, kekurangan dan tool pada aplikasi blender
Kelebihan
- Aplikasi ringan
- Tidak memakan banyak storage
- Open Source
- Mudah digunakan
- Ringan saat melakukan rendering
Kekurangan
- GUI yang sulit untuk dipahami.
- Peletakan tools yang membingungkan
- Tool yang dimiliki tidak lengkap seperti 3D Max
- Tampilan cukup berantakan
- Semua proses dilakukan dengan manual
Tool pada Blender
1. Panel utama pada Blender
Menu pada Blender beraneka ragam
tergantung dari editor typenya, dalam editor type terdepat beberapa pilihan
diantaranya : 3D view, Timeline, Graph editor, Dope sheet, UV/Image editor,
Movie clip editor, Info, dll
- File pada menu utama untuk melakukan new, open, save, close, setting dan yang lainnya sebagai mana pada program 3D lain
- Add digunakan untuk menambahkan objek-objek, seperti kamera, lighting dan objek 3D
- Timeline digunakan untuk mengatur animasi pada blender
- Game berguna untuk memulai scripting program game
- Render berfungsi untuk melihat hasil rendering dan settingnya.
2. View Port
Viewport merupakan lembar kerja untuk
membuat suatu objek 3D. Pada viewport terdapat 3 objek, yaitu Cube, Ligthing
dan Camera. Secara default, View Port memiliki axis X dan Y. dan didalam view
port ini kita bisa melihat project dalam berbagai macam sudut dan dapat
mengatur letak dan kamera serta sebagainya. Fitur-Fiturnya seperti:
- Modeling, untuk membuat objek 3D
- UV Mapping, Memindahkan objek berdasarkan vertexnya
- Texturing, Memberikan texture pada objek
- Rigging, untuk membuatan tulang/bone pada objek
- Skinning, pemberian skin pada objek/model
- Annimation, pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan mengunakan timeline
- Particle, pembuatan particle pada objek/model
3. Tool Button
- Translate Manipulator Mode, Mempunyai simbol segitiga merah, Pengunaanya bisa dengan menekan Ctrl Alt G, Kegunaannya adalah untuk mengambil objek.
- Rotate Manipulator Mode, Mempunyai simbol lingkaran hijau, Pengunaan bisa dengan menekan Ctrl Alt R, Kegunaannya untuk merotasi objek.
- Scale Manipulator Mode, Mempunyai simbol persegi biru, Pengunaan bisa dengan menekan Ctrl Alt S, Kegunaannya untuk memperbesar atau memperkecil objek
- Transform Orientation, digunakan untuk merubah orientasi saat mentransformasi
- Rotating / Scalling Pivot, Mempunyai simbol titik hitam beserta tanda panah, Pivot adalah titik pusat dari suatu objek, secara default pada blender kita menggunakan Median Point
Sumber :
tekoajaib
busy
Komentar
Posting Komentar